Waspa「Baccarat betting skills」dai Dampak Anemia pada Remaja Putri, Ini Penjelasan Dosen IPB

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:bet36sportsbetting

1.LBaccarat bBaccarat betting skillsetting sBaccarat betting skillskillsesBaccarat bettBaccarat betting skillsing skillsu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Selain itu, anemia juga terjadi sebagai tanda pubertas pada remaja putri. Pasalnya di usia remaja, mereka mengalami menstruasi tiap bulan. Sehingga darah dikeluarkan dan menyebabkan kehilangan zat besi cukup banyak tiap bulannya.

Karina menerangkan, dengan adanya Growth Spurt ini akan terjadi peningkatan masa otot dan voulume darah sehingga kebutuhan zat besi pada remaja putri meningkat.

Baca juga: Tips Raih IPK Cumlaude ala Dosen UII Yogyakarta

Menurut Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Karina Rahmadia Ekawidyani, usia remaja adalah masa pertumbuhan cepat kedua setelah masa balita atau disebut Growth Spurt.

Fakta di lapangan, lebih dari 20 persen remaja putri di Indonesia mengalami anemia. Kondisi ini tentu harus dicegah karena remaja putri yang mengalami anemia tanpa penanganan tepat akan berdampak tidak bagus bagi kesehatan.

Baca juga: Catat! 8 Oktober 2021 Diumumkan Hasil Seleksi PPPK Guru Tahap I

"Pada masa Growth Spurt ini Fe atau zat besi yang berfungi untuk pembentukan hemoglobin dalam darah dan mioglobin dalam otot," kata Karina seperti dikutip dari kanal YouTube IPB, Selasa (5/10/2021). 

KOMPAS.com - Anemia merupakan masalah gizi mikro yang sering terjadi di Indonesia. Kondisi ini sering terjadi pada kelompok balita, anak sekolah, ibu hamil dan orang dewasa.

Karina mengungkapkan, ada tanda-tanda anemia pada remaja putri, seperti:

Anemia bisa terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Hal ini berakibat sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal (hipoksemia).

Sehingga bisa dikatakan secara umum kondisi anemia merupakan keadaan dimana kadar hemoglobin lebih rendah dari normal.